Loading...

Apa Peranan Jamur Bagi Kehidupan Manusia? Berikut Penjelasannya

Advertisement
Peranan jamur atau fungi dalam kehidupan sangat luas. Jamur berperan dalam keseimbangan lingkungan yaitu sebagai dekomposer. Sebagai dekomposer, jamur menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati sehingga bisa dimanfaatkan oleh organisme lain.
Apa Peranan Jamur Bagi Kehidupan Manusia? Berikut Penjelasannya
Hal ini sangat penting dalam keberlanjutan ekosistem di bumi, karena yang menjadi kunci keberlangsungan ekosistem adalah adanya keseimbangan antara produksi biomasa oleh organisme fotosintetik dan perombakan-perombakan atau daur ulang nutrien yang dikandungnya.

Dalam proses daur ulang senyawa organik ini, fungi memiliki peran yang menonjol di semua ekosistem utama. Jamur juga bisa bersimbiosis dengan organisme lain. Dengan akar tumbuhan tertentu jamur bersimbiosis membentuk mikoriza. Mikroriza merupakan struktur yang berperan penting dalam suplai unsur hara.

Berdasarkan posisi jamur terhadap akar tumbuhan, dikenal adanya endomikoriza (bila hifa menembus korteks akar) dan ektomikoriza (bila hifa hanya menem bus epidermis akar). Kelompok jamur yang sering bersimbiosis dengan akar tumbuhan umumnya termasuk anggota Divisi Zygomycotina, Ascomycotina, dan Basidiomycotina.

Bentuk simbiosis lain dari jamur adalah lumut kerak. Lumut kerak merupakan organisme yang mampu hidup pada kondisi lingkungan yang ekstrim dan sangat sensitif terhadap pencemaran udara. Sehingga lumut kerak ini biasa digunakan sebagai bioindikator kualitas udara.
Info Biologi
Selain Mikologi, terdapat pula cabang lain dari biologi, yaitu yang digeluti oleh para ahli yang mengkhususkan fokus perhatiannya pada lumut kerak atau Lichens. Cabang ilmu ini disebut Lichenologi. Di dalam penelitian, lumut kerak umumnya dipelajari sebagai obyek penelitian bersama dengan tumbuhan lumut (Bryophyta) yang merupakan asosiasinya karena kedua kelompok tumbuhan ini sering ditemukan pada satu habitat, hidup berdampingan sebagai epifit.

Bersama dengan kelompok tumbuhan lain, seperti tumbuhan lumut (Bryophyta) dan anggrek, lumut kerak banyak menghiasi pepohonan mulai dari daerah dataran rendah sampai pegunungan yang tinggi sebagai epifit. Tetapi bila terjadi pencemaran udara, jenis-jenis organisme epifit tersebut, terutama lumut kerak dan tumbuhan lumut akan mati.

Jamur juga berperan sangat penting dalam fermentasi makanan dan obat-obatan. Sebagai contoh, pada Divisi Zygomycotina, sedikitnya ada 2 jenis Rhizopus yang digunakan secara komersial dalam industri pil kontrasepsi dan anestesi, yaitu R. arrhizus dan R. nigricans. Beberapa jenis lain juga dimanfaatkan dalam industri alkohol dan untuk mengempukkan daging.

Ada pula jenis lain yang mampu memproduksi pigmen kuning yang digunakan untuk memberi warna pada margarin. Beberapa jenis jamur dan peranannya yang menguntungkan bagi manusia dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tabel Jenis-Jenis Jamur dan Manfaatnya

Jenis Jamur
Manfaat
Rhizopus stolonifera
untuk membuat tempe
Rhizophus nigricans
menghasilkan asam fumarat
Saccharomyces cerevisiae
untuk membuat tape, roti, minuman sake, dan bir
Aspergillus oryzae
mengempukkan adonan roti
Aspergillus wentii
untuk membuat sake, kecap, tauco, asam sitrat, asam oksalat, dan asam formiat
Aspergillus niger
untuk menghilangkan O2 dari sari buah, dan menjernihkan sari buah
Penicillium notatum dan P. chrysogenum
menghasilkan penicillin (antibiotik)
Ganoderma lucidum
bahan obat
Penicillium roquefortii dan P. camemberti
meningkatkan kualitas (aroma) keju
Trichoderma sp.
menghasilkan enzim selulose
Neurospora crassa (jamur oncom)
untuk membuat oncom
Volvariella volvaceae (jamur merang), Auri cularia polytricha (jamur kuping), danPleurotus sp. (jamur tiram)
jamur konsumsi

Beberapa jenis jamur ada yang dapat dikonsumsi seperti sayuran dan bahan obat. Penelitian ahli gizi menunjukkan bahwa secara umum jamur memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan tumbuh-tumbuhan yang lain. Sehingga, jamur merupakan jawaban yang tepat bagi masyarakat yang kekurangan gizi, seperti di negara-negara berkembang (Afrika dan Asia).

Jamur juga mengandung bermacam-macam vitamin serta kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Sementara itu kandungan kalori dan kolesterolnya rendah, sehingga jamur sangat baik untuk diokonsumsi. Jenis-jenis jamur yang berperan penting telah banyak dibudidayakan.

Diantara sekian banyak jenis jamur yang ada di daerah tropis dan subtropis, jamur merang (Volvariella volvacea) merupakan jamur yang paling terkenal, terutama oleh masyarakat Asia Tenggara. Jamur ini telah lama dibudidayakan sebagai bahan pangan karena memiliki rasa yang enak dan tekstur yang baik, sehingga banyak disukai orang.

Jamur merang umumnya tumbuh pada medium yang merupakan sumber selulosa, misalnya pada tumpukan merang. Sehingga merang yang dahulu hanya dianggap sebagai limbah pada penggilingan padi, sekarang telah banyak dimanfaatkan untuk budidaya jenis jamur ini.

Selain beberapa peran penting tersebut, fungi juga bisa dianggap merugikan. Mereka bisa menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar karena mampu membusukkan bahan makanan dan juga menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa jenis cendawan ada yang beracun, misalnya jenis-jenis anggota suku Amanitaceae.

Beberapa jamur mikroskopis juga ada yang menghasilkan racun, misalnya aflatoksin yang dihasilkan oleh sejenis kapang. Selain itu, jamur juga dapat bersifat parasit pada tumbuhan, hewan, dan manusia. Beberapa jenis jamur tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel Jenis-Jenis Jamur dan Penyakit yang Ditimbulkannya
Jenis Jamur
Penyakit yang Ditimbulkan
Aspergillus flavus
menghasilkan aflatoksin, menyebabkan kanker pada manusia
Aspergillus fumigatus
kanker pada paru-paru burung.
Amanita phalloides
mengandung racun balin yang menyebabkan kematian bagi yang memakannya
Ustilago maydis
parasit pada tanaman jagung dan tembakau
Epidermophyton floocosum
penyakit kaki atlet
Microsporum sp. dan Trichophyton sp.
menyebabkan kurap atau panu
Helminthosporium oryzae
parasit dan merusak kecambah dan tubuh buah serta menimbulkan noda-noda berwarna hitam pada hospes (inangnya)
Candida albicans
infeksi pada vagina

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru