Loading...

Macam-Macam Archaebacteria Berdasarkan Habitat, Contoh dan Peranannya dalam Kehidupan

Advertisement
Istilah “Archae” berasal dari bahasa Yunani archaio yang berarti kuno. Sebagian besar spesies Archaebacteria memang menempati lingkungan yang ekstrem dan lingkungan-lingkungan ekstrem semacam ini menyerupai habitat pada bumi purbakala (bumi kuno). Mereka dapat hidup di tempat yang makhluk hidup lain tidak dapat ditemukan, seperti pada lingkungan yang hampir beku di Antartika atau sebaliknya dapat ditemukan pada sumber air panas dengan temperatur 92°C.
jenis atau macam-macam Archaebacteria Berdasarkan Habitat, Contoh dan Peranannya dalam Kehidupan
Selain itu, Archaebacteria juga dapat ditemukan pada tempat dengan kadar garam atau kadar asam sangat tinggi. Kita dapat mengatakan bahwa Archaebacteria adalah prokariot yang tempat hidupnya di lingkungan ekstrem. Penemuan kelompok Archaebacteria ini sekarang banyak menarik perhatian ahli biologi untuk mempelajari gen-gen yang dapat mengode enzim-enzimnya guna dimanfaatkan dalam rekayasa genetik untuk menghasilkan organisme-organisme baru yang dapat hidup di lingkungan ekstrem seperti mereka.

Dalam sistem klasifikasi pada sistem enam kingdom, Archaeobacteria termasuk dalam satu kingdom tersendiri. Yang termasuk Archaeobacteria, yaitu bakteri yang hidup di sumber air panas, di tempat berkadar garam tinggi, di tempat yang panas dan asam. Pertama kali diidentifikasikan pada tahun 1977 oleh Carl Woese dan George Fox. Ada tiga jenis archaebacteria berdasarkan habitatnya, yaitu metanogen, Halofil ekstrim, dan Termofil ekstrim.

#1 Metanogen
Dinamai metanogen karena sesuai dengan metabolisme energinya yang khas, yaitu H2 digunakan untuk mereduksi CO2 menjadi metana (CH4 ). Pembentukan metana ini hanya dapat terjadi dalam kondisi yang benar-benar tanpa oksigen (anaerobik obligat). Jadi, kelompok ini sangat tidak menoleransi adanya oksigen. Ketika melakukan proses pembentukan metana (metanogenesis) bahkan akan teracuni dengan adanya oksigen.

Kelompok makhluk hidup ini hidup di lumpur dan rawa tempat mikroba lain telah menghabiskan semua oksigen. Hasil metanogenesis berupa metana, yang keluar sebagai gelembung dari tempat tersebut, dikenal dengan gas rawa. Metanogen juga merupakan pengurai penting yang digunakan dalam pengolahan kotoran.

Beberapa petani telah mencoba menggunakan mikroba ini untuk mengubah sampah dan kotoran hewan menjadi metana yang dapat digunakan sebagai bahan bakar berharga. Spesies metanogen lain menempati lingkungan anaerobik di dalam perut hewan dan berperan penting dalam proses nutrisi seperti rayap, dan herbivora lain terutama yang mengandalkan makanan dari selulosa.

Contoh organisme metanogenik adalah Lachnospira multiparus (organisme ini mampu menyederhanakan pektin), Ruminococcus albus (mampu menghidrolisis selulosa), Succumonas amylotica (memiliki kemampuan menguraikan amilum) dan Methanococcus janashii (penghasil gas methane).

#2 Halofil Ektrim

Halofil berasal dari bahasa Yunani halo yang artinya garam dan philos yang artinya pencinta. Kelompok mikroba ini hidup di tempat dengan kadar garam tinggi seperti Great Salt Lake dan Laut Mati. Beberapa spesies halofil ekstrem memiliki toleransi terhadap salinitas (kadar garam rendah), sementara spesies lainnya memerlukan suatu lingkungan yang sepuluh kali lebih asin dari air laut, untuk dapat tumbuh.

Berbeda dengan kelompok metanogen yang anaerob obligat, kebanyakan dari kelompok ini adalah aerobik obligat atau membutuhkan oksigen untuk hidupnya. Contoh organisme halofil ekstrim adalah dari Genus Halobacterium dan Halococcus yang mencakup bakteri halofil ekstrem, bersifat aerob, dan heterotrof (tidak dapat membuat makanannya sendiri).

Bakteri genus tersebut banyak ditemukan di tambak garam laut. Pada saat terjadi penggandaan sel dari halobakterium yang mengandung karotenoid, air akan berwarna merah intensif. Selain itu, Halobakterium dan Halococcus dapat tumbuh optimum pada larutan NaCl 3,5 sampai 5 molar serta mampu memanfaatkan energi cahaya untuk metabolisme tubuhnya.

#3 Termofil Ekstrim
Sesuai dengan namanya (thermo: panas, philos: suka), mikroba termofil ini dapat bertahan hidup dalam lingkungan panas. Kondisi optimum yang dibutuhkan oleh kelompok ini adalah suhu 60°C  80°C. Sebagai contoh, genus Sulfolobus, Termoplasma, Pyrodictium dan Termococcus dapat hidup di mata air panas sulfur di Yellowstone National Park dan mendapatkan energinya dengan cara mengoksidasi sulfur. Karena suka dengan panas dan asam, kelompok ini disebut juga termoasidofil.

Termofil lain yang dapat memetabolisasi sulfur adalah Thermus aquaticus yang hidup pada suhu 105°C di daerah dekat lubang hidrotermal di laut dalam. Seorang ahli dari University of California bernama James Lake, meyakini bahwa termofil ekstrem adalah prokariota yang paling dekat hubungan kekerabatannya dengan eukariotik (makhluk hidup yang selnya sudah mempunyai selaput inti).

Peranan Archaebacteria dalam Kehidupan
Sebagai bahan bakar biogas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kelompok organisme metanogen melakukan metabolisme secara anaerob yaitu menggunakan Huntuk mereduksi CO2 menjadi metana (CH4 ). Dengan demikian, mikroba ini dapat dimanfaatkan untuk mengubah sampah dan kotoran hewan menjadi metana yang dapat digunakan sebagai bahan bakar berharga.

Sebagai bahan detergen. Archaebacteria adalah jenis organisme bersel satu yang suka hidup di tempat yang ekstrem, seperti terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu asam. Zat yang terkandung dalam archaebacteria ini digunakan dalam tambahan sabun cuci karena dapat menghilangkan noda dalam suhu dan pH yang tinggi.

Sebagai bahan industri makanan. Selain bahan keras, ternyata archaebacteria juga dapat digunakan sebagai bahan industri makanan yang bisa mengubah pati jagung menjadi destrin (sejenis karbohidrat) yang dibutuhkan oleh manusia.

Sebagai pembersih pencemaran. Seperti halnya membersihkan noda, arhaebacteria dalam jumlah besar merupakan organisme yang sangat bermanfaat mengatasi pencemaran seperti penumpahan minyak di lautan. Kebiasaannya hidup di lingkungan ekstrem membuatnya berhasil membersihkan pencemaran yang kotor.

Membantu pencernaan makanan. Beberapa spesies metanogen seperti Ruminococcus albus mampu menghidrolisis selulosa. Spesies ini menempati lingkungan anaerobik di dalam perut hewan dan berperan penting dalam membantu pencernaan hewan seperti sapi, kambinga, kerbau dan herbivora lain terutama yang mengandalkan makanan dari selulosa.

Demikianlah artikel tentang jenis-jenis Archaebacteria berdasarkah habitat beserta contoh dan peranannya bagi kehidupan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. apabila terdapat kesalahan dalam penulisan huruf, kata atau kalimat mohon dimaklumi. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru