Loading...

Biologi: Definisi, Karakteristik, Objek, Metode Ilmiah, Manfaat dan Bahayanya

Advertisement
Definisi Biologi
Kata Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu 
bios” dan “logos”. Bios artinya kehidupan dan Logos artinya ilmu. 
Jadi dapat diartikan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup, baik makhluk hidup yang berukuran besar (dapat dilihat dengan mata telanjang) maupun makhluk hidup berukuran sangat kecil/mikroskopis (tidak dapat dilihat dengan mata telanjang).

Karakteristik Ilmu Biologi
Biologi merupakan bagian dari ilmu IPA (sains). Semua ilmu pengetahuan selalu memiliki syarat-syarat atau ciri-ciri tertentu. Oleh karena itu, ilmu biologi memiliki karakteristik sebagai berikut:

A.      Memiliki Objek

Objek ilmu biologi difokuskan pada objek makhluk hidup yang ada maupun yang pernah ada di dunia ini beserta lingkungan tempat tinggalnya.

B.       Memiliki Metode

Berkembangnya ilmu pengetahuan tidak terjadi secara kebetulan melainkan mengikuti metode tertentu. Dalam mempelajari objek biologi, digunakan metode ilmiah yang telah dibakukan agar dapat digunakan siapa saja dalam menemukan kebenaran.

C.       Bersifat Sistematis

Ilmu pengetahuan harus tersusun mulai dari yang sederhana menuju yang lebih kompleks agar mudah dikaji. Konsep yang mendasarinyapun harus mengandung hubungan yang saling mendukung dan bukan saling bertentangan sehingga kebenaran yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.

D.      Universal

Artinya kebenaran yang disajikan dalam ilmu pengetahuan harus berlaku umum untuk siapa saja dan dimana saja.

E.        Objektif

Artinya pernyataan apapun dalam suatu ilmu pengetahuan harus bersifat jujur, yaitu menggambarkan kondisi apa adanya, mengandung data/informasi yang sebenarnya, bebas dari prasangka, kesenjangan maupun kepentingan pribadi

F.        Analitis

Kajian dari sebuah ilmu akan menuju hal-hal yang lebih khusus seperti bagian, sifat, peranan dan berbagai hubungan. Untuk memahami hal yang bersifat khusus perlu pengkajian secara khusus, sehingga terdapat hubungan antar bagian yang dikaji sebagai hasil analisa. Oleh karena itu, sebuah ilmu akan terbagi menjadi berbagai cabang ilmu dengan kajian yang lebih khusus. Contohnya biologi mempunyai cabang zoologi, botani, fisiologi, anatomi, genetika, dan embriologi.

G.      Verifikatif

Kebenaran dalam sebuah ilmu tidak bersifat mutlak tetapi bersifat terbuka atau verifikatif. Artinya, sesuatu yang semula dianggap benar suatu saat mungkin menjadi salah bila ditemukan bukti-bukti baru yang menentang kebenaran sebelumnya. Masih ingat dengan teori Generatio Spontanea yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati? Louis Pasteur berhasil menemukan bukti baru melalui percobaannya, sehingga tumbanglah teori tersebut dan berlakulah teori Biogenesis sampai saat ini.

Objek Kajian Ilmu Biologi

Berdasarkan definisi biologi diatas, objek kajian ilmu biologi meliputi manusia, hewan, tumbuhan serta mikroorganisme. Berikut ini adalah gambar ruang lingkup yang dikaji biologi:
objek kajian atau ruang lingkup ilmu biologi
Objek Kajian Biologi


Namun dewasa ini objek kajian biologi semakin berkembang, jadi tidak hanya mempelajari makhluk hidup sebagai satuan makhluk tunggal tetapi juga mempelajari bagian-bagian yang menyusun makhluk hidup itu sendiri mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar.  Perhatikan gambar berikut ini:
struktur organisasi kehidupan sebagai objek kajian biologi
Hirarki Struktural Biosains
Gambar diatas merupakan komponen penyusun makhluk hidup yang dikaji oleh ilmu biologi dari yang terkecil hingga yang terbesar sampai dengan lingkungan tempat tinggal makhluk hidup itu sendiri.


Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi seperti dengan ditemukannya mikroskop dan teleskop, kajian ilmu biologi semakin luas dan spesifik. Oleh karena itu untuk memudahkan cara pembelajaran, mengingat dan memperdalam ilmu salah satu kajian biologi, para ilmuwan menggolongakan ilmu biologi kedalam berbagai cabang ilmu biologi. Untuk lebih memahami cabang-cabang ilmu biologi, bacalah artikel tentang Daftar 46 Cabang IlmuBiologi dan Ruang Lingkup yang Dikajinya

Metode Ilmiah dalam Ilmu Biologi

Dalam menemukan teori atau hukum, para ilmuwan tidak sembarangan menggunakan metode ilmiah, artinya metode ilmiah yang digunakan harus sistematis dan rinci agar kebenaran yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan dan dibuktikan secara ilmiah.
Adapun tahapan-tahapan metode ilmiah yang digunakan oleh para ilmuwan adalah sebagai berikut:
A.       Merumuskan masalah
B.       Merumuskan hipotesis (dugaan sementara)
C.       Merancang eksperimen
D.      Melakukan percobaan
E.        Mengumpulkan Data
F.        Menarik kesimpulan
G.      Menguji kesimpulan dengan eksperimen lain
H.      Merumuskan Hukum, Konsep, atau Prinsip.

Manfaat dan Bahaya Ilmu Biologi

Apa manfaat mempelajari biologi? Biologi merupakan ilmu murni yang mendasari perkembangan di bidang pertanian, peternakan, kedokteran, kesehatan, industri, farmasi, dan lingkungan. Berikut ini beberapa sumbangan biologi bagi kesejahteraan manusia:

A.       Membantu menemukan dan mengembangkan berbagai bahan makanan, pakaian, peralatan, dan energi sehingga dapat menghindarkan manusia dari krisis pangan dan energi.
B.       Membantu mengidentifikasi penyebab berbagai penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta cara menanggulanginya.
C.       Membantu memahami berbagai proses kehidupan seperti metabolisme, cara pewarisan sifat, daur energi, jaring-jaring makanan, dan sebagainya.
D.      Membantu mengkaji permasalahan lingkungan dan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup.
E.        Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
F.        Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.


Selain manfaat, kemajuan ilmu pengetahuan terkadang mengandung sisi negatif yang tidak diharapkan. Perkembangan biologi dalam teknik rekayasa genetika tidak diragukan lagi dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia. 


Namuin, Jika teknik ini disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dapat menghasilkan bibit-bibit yang malah membahayakan bagi kehidupan. Bila ini terjadi, kesejahteraan hidup yang seharusnya disumbangkan ilmu pengetahuan tidak tercapai, tetapi justru menyengsarakan kehidupan. 


Maka, untuk menghindari penyelewengan dan penyalahgunaan teknologi, khususnya dibidang biologi, baru-baru ini dikembangkan aturan-aturan baku atau etika yang harus diperhatikan oleh para ahli yang tertarik pada objek kajian biologi yang disebut bioetika. Dalam bioetika memuat norma-norma atau kesepakatan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan penelitian di bidang biologi.


Demikian artikel tentang pengertian, ciri-ciri, objek kajian, metode ilmiah, manfaat dan bahaya Ilmu Biologi. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru