Loading...

10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Penjelasannya

Advertisement
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Di bumi, terdapat banyak sekali benda, baik itu benda mati/tak hidup seperti batu, tanah, pasir dan lain-lain maupun benda hidup atau kita kenal dengan nama makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Untuk membedakan benda tak hidup dengan benda hidup memang mudah, seperti batu berbeda dengan pohon pisang, namun untuk tingkat organisme mikro seperti virus, kita akan sulit mengkategorikan apakah termasuk benda hidup atau tak hidup karena virus memiliki ciri seperti benda hidup dan terkadang seperti benda tak hidup.

ciri-ciri makhluk hidup
Oleh karena itu untuk membedakan benda hidup dengan tak hidup secara lebih spesifik, ada ciri-ciri khusus yang harus dimiliki suatu benda hidup agar ia termasuk dalam kategori benda hidup/makhluk hidup adapun karakteristik tersebut antara lain:
  1. Makan
Makhluk hidup memerlukan makanan (nutrisi) sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas
  1. Memiliki Sistem Transportasi
Makhluk hidup melakukan proses pengangkutan atau transportasi dalam rangka mengedarkan zat-zat ke seluruh tubuh
  1. Memiliki Sistem Ekskresi

Ekskresi yaitu pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak dipergunakan lagi
  1. Memiliki Sistem Respirasi
Sistem respirasi yaitu sistem pernafasan untuk merombak zat-zat organik menjadi energi
  1. Memiliki Sistem Penyusunan Zat baru
Makhluk hidup melakukan proses penyusunan zat-zat baru di dalam tubuh, umumnya berupa senyawa kimia yang kompleks seperti lemak, karbohidrat, lemak, protein dan sebagainya.
  1. Tumbuh dan Berkembang
Seiring berjalannya waktu, makhluk hidup akan tumbuh dan berkembang yang ditandai dengan perubahan ukuran tubuh dan perubahan sifat.
  1. Memiliki Sistem Regulasi
Sistem regulasi mengatur keserasian proses-proses di dalam tubuh
  1. Memiliki Sistem Reproduksi
Makhluk hidup melakukan perkembangbiakan (reproduksi) yang bertujuan untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah
  1. Peka Terhadap Rangsang (Iritabilitas)
Setiap makhluk hidup memiliki kepekaan dalam menanggapi suatu rangsangan dari luar. Terutama dari lingkungannya seperti cahaya, tekanan, sentuhan, kelembapan dan sebagainya. Kemampuan menanggapi rangsang setiap makhluk hidup berbeda-beda. Sebagai contoh tanaman putri malu ketika disentuh maka daunnya akan mengatup dan bunga matahari akan selalu menghadap ke arah datangnya sinar matahari.
  1. Mampu Beradaptasi
Makhluk hidup harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, misalnya menyesuaikan terhadap suhu, kelembapan, cahaya matahari, makanan dan sebagainya agar dapat terus hidup.

Demikian artikel tentang 10  ciri makhluk hidup beserta penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru