Loading...

Gambar dan Tahapan Reproduksi Paramecium Secara Asesual dan Seksual

Advertisement
Paramecium caudatum adalah Ciliata yang hidup bebas. Bentuk selnya seperti sandal, ukuran sekitar 250 mikron, mempunyai sitostom (celah mulut) pada membran plasma, dan selnya diselubungi oleh pelikel. Sel Paramaecium berisi dua inti sel yang terdiri atas inti kecil (mikronukleus) dan inti besar (makronukleus), sitoplasma, vakuola makanan (pencernaan makanan), serta vakuola kontraktil (pengeluaran zat sisa).

Gerakan Paramecium caudatum  dilakukan dengan menggetarkan cilia atau rambut getarnya. Gerakan cilia sulit diamati oleh mikroskop karena gerakannya sangat cepat. Untuk memperoleh makanan, Paramecium akan menggetarkan cilia di sekitar celah mulutnya. Pada saat ini, terjadilah aliran keluar masuk air pada mulut sel. Air ini banyak mengandung bakteri atau bahan organik lainnya yang terkumpul di dalam mulut sel. Makanan yang terkumpul akan masuk sitofaring (kerongkongan sel) lalu masuk ke vakuola makanan untuk dicerna.

Paramecium caudatum dapat berkembang biak secara aseksual (vegetatif) dengan membelah diri menjadi dua sel anak (pembelahan biner) dan secara seksual (generatif) dengan konjugasi. Lalu tahukah kalian bagaimana proses dan tahapan reproduksi Paramecium secara aseksual dan seksual tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Reproduksi Paramecium secara Aseksual (Pembelahan Biner)
Pembelahan biner (Binary Fission) pada Paramecium caudatum terjadi secara melintang atau transversal. Dengan cara ini, satu sel Paramecium akan terbagi menjadi dua bagian yang sama, lalu masing-masing menjadi sel anakan Paramecium baru. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.
gambar dan tahapan Reproduksi Paramecium caudatum secara Aseksual (Pembelahan Biner)
Tahapan Pembelahan biner pada Paramecium caudatum:
 Sel Paramecium terdiri dari dua inti sel (nukleus) yaitu mikronukleus yang berukuran kecil dan makronukleus yang berukuran lebih besar.
 Inti yang lebih kecil (mikronukleus) bertanggung jawab dalam proses reproduksi. Dengan kata lain, mikronukleus berfungsi sebagai organela penanda terjadinya proses reproduksi aseksual pada Paramaecium.
 Apabila kondisi lingkungan menguntungkan, nukleus yang lebih kecil (mikronukleus) akan mengalami pembelahan secara mitosis dan menjadi dua sel. Masing-masing inti sel bergerak ke ujung sel yang berlawanan. Pada tahap ini, organel celah mulut mulai menghilang.
 Mengikuti pergerakan mikronukleus menuju kutub yang berlawanan, maka nukleus yang lebih besar (makronukleus) juga terbelah menjadi dua secara meiosis. Pada tahap ini, organel celah mulut “baru” mulai terbentuk.
 Kemudian setalah itu, sel membelah secara melintang di tengah dan dua vakuola kontraktil mulai terbentuk.
 Hasil dari pembelahan melintang tersebut adalah dua sel anakan Paramecium yang serupa (identik), dan masing-masing sel anak memiliki setengah organel sel dari sel induknya.

Reproduksi Paramecium secara Seksual (Konjugasi)

Paramecium caudatum juga dapat bereproduksi secara seksual dengan konjugasi. Prosesnya didahului dengan pertukaran inti antara dua individu lalu berpisah dan masing-masing membelah menjadi dua individu. Reproduksi seksual pada Paramecium terjadi terutama saat sel terkena kondisi stres. Untuk lebih jelas mengenai perkembangbiakan Paramecium secara konjugasi ini, silahkan kalian amati gambar berikut.
gambar dan tahapan Reproduksi Paramecium caudatum secara seksual (Konjugasi)
Tahapan Konjugasi pada Paramecium caudatum:
 Dua Paramecium saling berdekatan lalu saling menempel. Kemudian terjadi dua sel saling menempel pada bagian mulut sel. Membran sel pada sel yang saling menempel tersebut melebar dan terbentuk suatu saluran.
 Pada bagian masing-masing sel terdapat mikronukleus diploid (2n) yang membelah secara meiosis menjadi 4 mikronukleus haploid (n), sedangkan makronukleusnya tidak mengalami perubahan.
 Selanjutnya, masing-masing 4 mikronukleus haploid (n), di setiap sel membelah secara mitosis menjadi 8 mikronukleus (n).
 8 mikronukleus (n) yang terbentuk, 7 mikronukleus hancur, sehingga setiap sel hanya memiliki 1 mikronukleus dan 1 makronukleus.
 Mikronukleus membelah secara mitosis menjadi 2 mikronukleus, sedangkan makronukleus lenyap, sehingga pada masing-masing sel hanya mengandung mikronukleus.
 Terjadi saling tukar-menukar mikronukleus, yaitu mikronukleus pindah ke sel lain dan sebaliknya. Mikronukleus yang saling tukar-menukar tersebut melebur dengan mikronukleus yang tidak pindah. Jadi, setelah hasil peleburan itu, setiap sel memiliki mikronukleus diploid.
 Setiap sel yang telah memiliki mikronukleus diploid (2n), selnya pisah dan konjugasi berakhir. Kemudian 1 mikronukleus membelah secara mitosis menghasilkan 2 mikronukleus.
 Salah satu dari 2 mikronukleus itu tumbuh menjadi makronukleus, sehingga setiap sel memiliki 1 mikronukleus dan 1 makronukleus.

Namun pada kenyataannya, tidak ada siklus reproduksi Paramecium yang spesifik seperti pada proses konjugasi tersebut. Dalam kondisi yang menguntungkan, Paramecium bisa mengalami perkembangbiakan aseksual minimal tiga kali sehari. Selain meningkatkan laju pertumbuhan dengan konjugasi, beberapa strain Paramecium juga membentuk hubungan simbiosis dengan bakteri dan alga.

Hubungan simbiosis ini dapat meningkatkan kelangsungan hidup bagi Paramecium. Komponen alga menyediakan makanan bagi Paramecium melalui proses fotosintesis. Sementara itu, dalam hubungan simbiosis dengan bakteri, Paramecium akan melepaskan zat beracun yang akan membunuh calon mangsa (bakteri). Mangsa kemudian dibawa ke dalam struktur mirip mulut dan dicerna pada vakuola makanan.
Referensi:

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru