Loading...

Bentuk Bakteri: Macam-Macam, Gambar dan Contoh Lengkap

Advertisement
Dalam artikel tentang pengertian, ukuran tubuh dan ciri-ciri bakteri telah dijelaskan bahwa salah satu karakteristik bakteri adalah bersel tunggal atau uniseluler. Walaupun bersel tunggal, tetapi bakteri memiliki bentuk sel yang beraneka ragam. Secara umum, ada tiga jenis bentuk bakteri yang paling dikenal antara lain bakteri berbentuk batang atau basil (tunggal: basilus), bakteri berbentuk bulat atau cocci (tunggal: coccus) dan bakteri berbentuk spiral atau spirila (tunggal: spirilum).

Perbedaan bentuk bakteri tersebut umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti umur, faktor pertumbuhan (makanan, suhu dan inhibitor atau zat penghambat reaksi) serta arah pembelahan. Ketika sel bakteri membelah, kadang-kadang sel anak yang dihasilkan tetap melekat satu dengan yang lain sehingga muncul beberapa tipe penataan atau modifikasi sel seperti berpasangan, bergerombol, berantai atau seperti filamen.

Penataan ini khas untuk setiap jenis bakteri dan penting untuk proses identifikasi. Selain itu perbedaan bentuk bakteri ini juga dijadikan salah satu dasar dalam klasifikasi bakteri. Untuk memahami macam-macam bentuk sel bakteri serta modifikasinya, silahkan kalian simak secara seksama penjelasan berikut ini.

Bakteri Bentuk Basil
Sel bakteri basil berbentuk silindris seperti batang. Ujung sel bervariasi seperti persegi, bundar, meruncing dan sebagainya. Bakteri berbentuk batang dapat ditemukan dalam keadaan tunggal (monobasilus), berpasangan (diplobasilus) maupun koloni yang membentuk rantai (steptobasilus). Gambar dan penjelasan ketiga bentuk bakteri basil tersebut adalah sebagai berikut.
gambar macam-macam bentuk bakteri basil (batang): monobasil, diplobasil dan streptobasil
Monobasil (monobacillus) yaitu hanya terdiri atas satu bakteri bentuk basil yang hidup soliter (sendiri-sendiri). Contoh bakteri bentuk monobasil adalah Escherichia coli (membentu pembusukan di dalam colon atau usus besar) dan Salmonella thyposa (bakteri penyebab penyakit tipus).
Diplobasil (diplobacillus) yaitu bakteri basil yang hidup berpasangan dua-dua. Contoh bakteri berbentuk diplobasil adalah Renibacterium salmoninarum.
Streptobasil (streptobacillus) yaitu bakteri basil yang hidup berkoloni memanjang membentuk rantai. Contoh bakteri streptobasil adalah Acetobacter xylinum yang digunakan dalam pembuatan nata de coco dan Bacillus anthracis (bakteri penyebab penyakit antraks) dan Streptobacillus moniliformis.

Bakteri Bentuk Kokus

Sel bakteri kokus (coccus) berbentuk bulat seperti bola. Bakteri kokus ada yang tersusun sendiri (monokokus) atau berkelompok. Bentuk bakteri kokus yang berkelompok ada lima macam, yaitu bergandengan (diplokokus), untaian anggur (stafilokokus), rantai (streptokokus), tersusun empat-empat (tetrakokus) dan tersusun delapan-delapan (sarkina). Gambar dan penjelasan keenam bentuk bakteri kokus tersebut adalah sebagai berikut.
gambar macam-macam bentuk bakteri kokus/coccus (bulat): monokokus, diplokokus, stafilokokus, streptokokus, tetrakokus dan sarkina
Monokokus (monococcus) yaitu hanya terdiri atas satu bakteri bentuk bulat seperti bola yang hidup sendiri. Contoh bakteri bentuk monokokus adalahNeiserria gonorrhoea (bakteri penyebab penyakit gonorhoe).
Diplokokus (diplococcus) yaitu bakteri kokus yang hidup berpasangan dua-dua. Bentuk diplokokud terjadi apabila bakteri kokus membelah diri pada satu arah dan tetap melekat berpasangan dua-dua. Contoh bakteri diplokokus adalah Diplococcus pneumoniae (penyebab penyakit radang paru-paru) dan Diplococcus bacillus.
Streptokokus (streptococcus) yaitu bakteri kokus yang hidup berkoloni saling berikatan memanjang seperti rantai. Bentuk streptokokus terjadi jika bakteri kokus membelah diri pada satu garis ke satu atau dua arah dan tetap melekat berbaris. Contoh bakteri streptokokus adalah Streptococcus lactisStreptococcus salivariusStreptococcus pneumoniaeStreptococcus thermophillus, dan Streptococcus pyrogenes (penyebab penyakit kuning).
Tetrakokus (tetracoccus) yaitu bakteri kokus yang hidup berkelompok dan pada setiap kelompok terdiri dari 4 sel berbentuk bujur sangkar yang saling melekat. Bentuk tetrakokus terjadi apabila bakteri kokus membelah diri pada dua arah. Contoh bakteri tetrakokus adalah Pediococcus cerevisiae.
Sarkina (sarcina) yaitu bakteri kokus yang hidup berkoloni terdiri atas 8 sel. Bentuk sarkina terjadi jika bakteri kokus membelah diri pada tiga arah dalam suatu pola teratur membentuk penataan seperti kubus. Contoh bakteri bentuk sarkina adalah Sarcina ventriculi.
Stafilokokus (staphylococcus) yaitu bakteri kokus yang hidup berkelompok dengan pola penataan tidak teratur atau menyerupai gerombolan buah anggur. Bentuk stapilokokus terjadi apabila bakteri koku membelah diri ke segala arah. Contoh bakteri ini adalah Staphylococcus aureus (penyebab penyakit pneumonia dan keracunan dalam makanan).

Bakteri Bentuk Spirilum
Bakteri spirillum berbentuk panjang dan lengkung menyerupai spiral, berkelok atau melengkung. Biasanya bakteri bentuk ini hidup soliter, tidak membentuk koloni. Meskipun bentuk dasarnya sama, tiap jenis bakteri spirilum mempunyai perbedaan dalam hal panjang, jumlah lekukan, panjang lekukan dan kerapatan lekukan. Berdasarkan perbedaan-perbedaan tersebut, bakteri spirilum dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu vibrio (koma), spiral dan spiroseta. Gambar dan penjelasan ketiga bentuk bakteri spirilum tersebut adalah sebagai berikut.
gambar macam-macam bentuk bakteri spirilum: koma (vibrio), spiral (spirilla) dan spiroseta (spirochaeta)
Koma (vibrio) merupakan bakteri yang bentuknya melengkung kurang dari setengah lingkaran, pendek dan tidak lengkap. Contoh bakteri yang berbentuk koma adalah Vibrio cholerae (bakteri penyebab penyakit kolera).
Spiral (spirilla) merupakan bakteri yang bentuknya melengkung lebih dari setengah lingkaran. Bentuk spiral ini sering juga disebut heliks. Contoh bakteri yang berbentuk spiral adalah Helicobacter pylori dan Spirillum minor (penyebab demam pada manusia melalui perantara gigitan tikus dan jenis hewan rodentia atau hewan pengerat lainnya).
Spiroseta (sphirochaeta) merupakan kelompok bakteri berbentuk spiral dengan tekstur halus dan lentur sehingga ketika bergerak, tubuhnya dapat memanjang atau memendek. Contoh bakteri bentuk spiroseta adalah Treponema pallidum (bakteri penyebab penyakit sifilis).

Demikianlah artikel tentang bentuk-bentuk bakteri yang terdiri atas basil (batang), kokus (bulat) dan spirilum (spiral) beserta gambar, penjelasan dan contohnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru