Loading...

Struktur Organisasi Kehidupan dalam Ekosistem Beserta Pengertian dan Contohnya

Advertisement
Struktur/Tingkat Organisasi Kehidupan
Kehidupan di bumi memiliki struktur yang sangat terorganisasi, mulai dari tingkat molekul hingga tingkat bioma. Struktur organisasi kehidupan dalam berbagai tingkat dapat dijelaskan sebagai berikut: 
organisasi tingkat molekul --> sel --> jaringan --> organ --> sistem organ --> individu --> populasi --> komunitas --> ekosistem --> biosfer.
Berikut ini diagram tentang struktur organisasi kehidupan
objek biologi struktur tingkat organisasi kehidupan
Struktur Organisasi Kehidupan

A.    Tingkat Molekul
Setiap inti sel makhluk hidup memiliki molekul organik yang berperan mengendalikan struktur dan fungsi setiap sel. Inti sel juga membawa informasi genetik yang diturunkan. Molekul organik tersebut adalah DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiribonukleat). Selain DNA, dalam inti sel juga terdapat RNA (ribonucleic acid= asam ribonukleat) yang berperan dalam mengatur sintesis protein dalam sel. Organisme yang berada dalam tingkatan molekul ini adalah virus
 
contoh struktur organisasi kehidupan tingkat molekul
Virus Sebagai Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul

B.    Tingkat Sel
Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil. Makhluk hidup uniseluler, seperti Protozoa, Bakteri, dan Alga, melangsungkan metabolismenya di dalam sebuah sel. Makhluk hidup multiseluler, seperti tumbuhan dan hewan, disusun oleh bermacam-macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

 
contoh struktur organisasi kehidupan tingkat sel
Bagian-bagian Sel Penyusun Tubuh Bakteri
C.     Tingkat Jaringan
Sel merupakan kesatuan bentuk kehidupan (teori sel). Di dalam tubuh organisme multiseluler terdapat banyak sel yang berbeda bentuk dan fungsinya. Bentuk dan susunan sel tergantung pada letak dan fungsinya di dalam tubuh. Sel-sel yang sama bentuk dan fungsinya membentuk kelompok yang disebut jaringan

Untuk dapat membentuk suatu jaringan, sel mengalami perubahan bentuk dan fungsinya. Sel-sel yang mengalami perubahan biasanya pada jaringan embrionel, misalnya jaringan meristem pada titik tumbuh suatu tumbuhan membentuk jaringan epidermis, jaringan pembuluh, dan lain-lain.
contoh struktur organisasi kehidupan tingkat jaringan
Jaringan Penyusun Daun Tumbuhan
D.    Tingkat Organ
Organ merupakan kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu. Contoh organ dalam tubuh manusia antara lain jantung, paru-paru, dan lambung.
contoh struktur organisasi tingkat organ
Organ-organ dalam Tubuh Manusia
E.     Tingkat Sistem Organ
Sistem Organ disusun oleh berbagai organ-organ yang saling berinteraksi dalam melaksanakan fungsi di dalam tubuh. Sebagai contoh, sistem  pencernaan manusia, yang terdiri dari rongga mulut, kelenjar ludah, kerongkongan, hati, lambung, pankreas, usus halus, usus besar dan anus.
contoh struktur organisasi tingkat sistem organ
Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
F.     Tingkat Individu
Di tingkat individu, berlangsung mekanisme kompleks yang terjadi karena koordinasi dan regulasi bermacam-macam sistem tubuh. Individu merupakan makhluk hidup yang terdiri atas berbagai sistem organ.
contoh struktur organisasi tingkat individu
Seekor Burung sebagai Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Individu
G.    Tingkat Populasi
Kumpulan individu yang berada pada waktu dan tempat yang sama disebut populasi. Di lingkungan sekitar kita terdapat bermacam-macam populasi misalnya populasi rumput, populasi pohon kelapa, populasi burung merpati, populasi cacing tanah, dan sebagainya.
contoh struktur organisasi tingkat Populasi
Sekelompok Burung sebagai Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi
H.    Tingkat Komunitas
Kumpulan Populasi yang berada pada waktu dan tempat yang sama disebut komunitas. Misalnya komunitas padang rumput, yang terdiri dari populasi rumput, populasi belalang, populasi banteng, populasi zebra, populasi alang-alang, dan sebagainya.
contoh struktur organisasi tingkat komunitas
Berbagai Kelompok Hewan dan Tumbuhan sebagai Satuan Komunitas
I.       Tingkat Ekosistem
Ekosistem adalah Interaksi antara populasi-populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya (misalnya sinar matahari, tanah, air, dan udara).
contoh struktur organisasi tingkat ekosistem
Interaksi antar Populasi dengan Lingkungan
J.       Tingkat Bioma
Kumpulan ekosistem yang melingkupi wilayah yang luas akan membentuk bioma. Pemberian nama bioma dilihat dari tumbuhan yang dominan. Misalnya bioma padang rumput karena yang dominan adalah rumput. Suatu bioma memiliki iklim tertentu sehingga terdapat terdapat tipe tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi di lingkungan tersebut. Contoh beberapa bioma besar yang ada di bumi dari khatulistiwa sampai ke kutub adalah sebagai berikut: 
contoh struktur organisasi tingkat bioma
Contoh Berbagai Bioma di Bumi
Demikian artikel tingkat organisasi kehidupan dalam ekosistem dan pengertian molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem dan bioma. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

  1. Apa yang akan terjadi jika susunan sistem organisasi tidak sempurna

    ReplyDelete

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru